Sosisalisasi DAPODIK 2023 dan Aktivasi Akun Belajar di Kec. Biau
Duken | 27 Agustus 2022 | Dibaca 132 kali | DINAS PENDIDIKAN

Sambutan Ketua Panitia Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Acara Sosialisasi

Dalam rangka percepatan syncronisasi Aplikasi DAPODIK 2023 guna percepatan validasi Penerima Aneka Tunjangan, Cut OF Dana BOS dan BOP sekaligus menggenjot Implementasi Kurikulum Merdeka maka pada pelaksanaan MOTABI KAMBUNGU di Kec. Biau dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada Operator Sekolah yang berlokasi di SD Negeri 1 Biau.

Pada kesempatan Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara Irwan A. Usman M.Pd. dan ikuti 49 Orang Operator dan Guru sekecamatan Biau serta Pengawas dan Penilik.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas sangat mengharapkan kepada operator dan guru agar dapat memergunakan waktu sebaik baiknya, sebab berdasarkan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia No 9048/C1/PR.04.01/2022 tentang Percepatan Sinkronisasi DAPODIK dalam rangka persiapan Cut Off BOS dan BOP Tahun 2023 yang diterbitkan tanggal 23 Agustus 2022.

Selain itu sebagai tindaklanjut dari Pertemuan di hotel Maqna beberapa waktu lalu dalam rangka roadmap percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka, pada pertemuan ini pula diberikan bimbingan teknis kepada Guru Guru PAUD yang sebagian besar belum memiliki Akun Belajar.

Selama 2 hari pada pelaksanaan MOTABU KABUNGU, Bidang Pembinaan Ketenagaan Juga membuka Layanan Proses Pengajuan dan Verifikasi Penerbitan NUPTK bagi Guru yang sudah memenuhi syarat tetapi belum memiliki NUPTK. Selain Penerbitan NUPTK, Tim GTK melayani Mutasi dan Penambahan Data GTK pada DAPODIK, tentunya dengan syarat GTK tersebut telah mimiliki SK Bupati 2022.

Saking antusiasnya Operator Sekolah pada pelaksanaan Motabi Kambungu, Para Operator Sekolah dari kecamatan tetangga yaitu Kec. Tolinggula menyempatkan datang ke Biau, sebab masih ada beberapa sekolah yang masih terkendala dengan Aplikasi Dapodiknya yang belum bisa melakukan Singkronisasi.

Mereka sangat bersyukur tanpa harus datang Ke Kwandang hanya untuk berkonsultasi dengan masalah yang mereka hadapi, tetapi dengan kegiatan Motabi Kambungu mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ekstra lagi, cukup datang ke Lokus Motabi Kambungu mereka sudah terlayani.


Berikut Daftar Sekolah di Kecamatan Biau yang sudah melakukan Syncronisasi DAPODIK 2023