Pemkab Gorontalo Utara Bakal Luncurkan Aplikasi Si Cantik Gorut
ANDREANSYAH DAUD | 15 Oktober 2022 | Dibaca 1033 kali | DINAS KESEHATAN

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat Memberi Sambutan pada Pengukuhan Forum Masyarakat Bidang Kesehatan di Kecamatan Sumalata, Kamis (13/10/2022)

Gorontalo Utara, Dinkesgorut  -  Guna memudahkan upaya pencegahan dan penurunan stunting dengan memanfaatkan teknologi informasi, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bakal meluncurkan aplikasi yang disebut Si Cantik Gorut.


Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, saat memberi sambutan pada gelaran pengukuhan dan pelantikan sejumlah forum masyarakat di bidang kesehatan, di Kecamatan Sumalata, Kamis (13/10/2022) mengatakan, Si Cantik Gorut merupakan merupakan akronim dari Sistem Informasi Cegah Stunting Kabupaten Gorontalo Utara.


Aplikasi ini diharapkan memberikan kemudahan kepada pemerintah daerah melalui OPD terkait untuk memberikan intervensi yang tepat.


"Aplikasi ini nantinya akan memberikan kita notifikasi, misalnya apabila ada pasangan yang mendaftar di KUA, yang akan melangsungkan pernikahan dalam beberapa bulan kedepan, maka OPD yang menerima notifikasi sudah bisa menyiapkan intervensi sensitif apa yang akan diberikan," jelas Thariq Modanggu


Selain itu, Thariq Modanggu mengatakan aplikasi tersebut juga akan memuat meta data untuk mengetahui jumlah sasaran, mulai dari pasangan usia subur, ibu hamil, hingga ibu menyusui.


"Aplikasi tersebut juga didesain supaya bisa menjadi media baca untuk masyarakat, khususnya materi-materi tentang nutrisi, sanitasi, dan meteri kesehatan pada umumnya," kata Thatiq Modanggu.


Saat ini aplikasi Si Cantik Gorut sedang dalam proses pengembangan dan memerlukan waktu hingga beberapa bulan sebelum diluncurkan pada platform sistem operasi seperti Android.

Pewarta : Andre

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin