Bupati Thariq Modanggu Dorong Forum-Forum Kesehatan Punya Rencana Kerja
ANDREANSYAH DAUD | 15 September 2022 | Dibaca 279 kali | DINAS KESEHATAN

Bupati Gorontalo Utara (Tengah) Saat Memberi Sambutan pada Pengukuhan Forum-Forum Kesehatan di Kecamatan Gentuma Raya, Kamis (15/09/2022)

Gorontalo Utara, Dinkes - Thariq Modanggu mendorong forum masyarakat di bidang kesehatan yang sudah dibentuk di tingkat kecamatan untuk mempunyai rencana kerja. Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo Utara (Gorut) itu saat mengukuhkan sejumlah forum masyarakat bidang kesehatan di kecamatan Gentuma Raya, Gorontalo Utara.


"Saya berharap pengukuhan ini ada tindak lanjutnya. Segera ditentukan langkah-langkah strategi dari masing-masing tim kerja ini. Dan juga menentukan secara jelas tujuannya yang ingin dicapai," ujar Thariq dalam sambutannya, Kamis, (15/09/2022).


Thariq Modanggu menyebut tujuan pembentukan forum-forum kesehatan di tingkat kecamatan ini bermuara pada kemandirian kesehatan.


Ia menilai, adanya forum-forum tersebut memberi dampak terhadap pengentasan masalah kesehatan seperti penggunaan jamban sehat dan balita stunting.


Oleh karenanya, Ia mendorong forum yang melibatkan berbagai elemen masyarakat tersebut untuk menyusun agenda aksi yang runut dan terstruktur.


Untuk menindak lanjuti, Thariq Modanggu mengatakan, dirinya berencana setiap bulannya akan melakukan monitoring dan evaluasi kinerja forum yang telah dikukuhkan itu.


"Mungkin saja penyebab belum belum tuntasnya masalah kesehatan seperti desa ODF (bebas buang air besar sembarangan) yang masih 2 desa, itu disebabkan oleh kurangnya monitoring dan evaluasi. Saya ingin dengan begini bisa sampai 100 persen desa ODF di Kecamatan Gentuma Raya," tuturnya.


Ia juga mengapresiasi adanya kemauan masyarakat untuk terlibat dalam forum-forum di bidang kesehatan.


"Ini menindikasi adanya kepedulian dan mawas diri masyarakat yang punya keinginan untuk hidup sehat dan terhindari dari berbagai macam penyakit," ucapnya.


Kepala Dinas Kesehatan, Rizal Yusuf Kune menjelaskan, ada sedikitnya 3 forum kecamatan yang dikukuhkan saat itu. Yakni Forum kecamatan sehat, Kelompok kerja operasional posyandu kecamatan, dan Tim percepatan penurunan stunting tingkat kecamatan.


"Banyak elemen masyarakat yang terlibat dalam forum ini. Sehingga ini juga bagian daripada upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dan dampaknya pun diharapkan akan kembali dirasakan oleh masyarakat," jelas Rizal.


Pewarta : Andre

BAGIKAN :



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin