"Bali Kululi" Menjadi Pusat Perhatian Saat Opening Ceremony Bupati Cup 1
Uhar Muksin, S.Pd M.Pd | 28 Agustus 2022 | Dibaca 71 kali | DINAS PENDIDIKAN

REALITANEWS.ID Turnamen bola kaki Bupati Ceria Cup I resmi di gulirkan. Penjabat Gubernur Gorontalo,Hamka Hendra Noer membuka perhelatan akbar olahraga pasca pandemi tersebut di lapangan Tariyono Kwandang, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Pada open ceremony yang turut di hadiri Sekjen PSSI,Yasin Nusi dan Buoati Gorontalo, Nelson Pomalingo tersebut ada satu hal yang sangat unik dan menjadi pusat perhatian bahkan mendapatkan apresiasi dari pengunjung, yakni dengan di tampilkannya kembali bola tradisional yang terbuat dari "luli" (daun pisang kering,red).

Momen yang mengangkat tema kearifan lokal tersebut mendapat apresiasi khususnya dari Penjabat Gubernur dan Sekjen PSSI.

"Bali Kululi" yang digunakan oleh warga Gorontalo sejak dulu untuk bermain bola kaki. (FOTO : Suardi)

Bupati Thariq Modanggu saat konferensi pers mengatakan bahwa "Bali Kululi "ini sengaja di tampilkan pada momen pembukaan turnamen tersebut guna untuk mengenang kembali bahwa masyarakat Gorontalo sejak dulu memang sangat doyan bermain bola kaki walaupun hanya menggunakan bola tradisional yang terbuat dari daun pisang kering yang telah dianyam tersebut.

"Nilai yang terkandung di dalamnya adalah bahwa masyarakat Gorontalo sejak dulu memang sudah mengenal permainan ini dengan menggunakan bola tersebut,"katanya.

Thariq juga mengungkapkan bahwa suatu saat nanti dirinya kembali akan menggelar sebuah turnamen yang khusus menggunakan bola tradisional tersebut.

Turnamen bola kaki Bupati ceria Cup I yang berlangsung selama sebulan tersebut, mendapat perhatian dan apresiasi dari warga Gorontalo Utara terutama kalangan oencinta dan penggemar sepak bola***(AT)

BAGIKAN :