Motabi Kambungu, Cara Baru Melayani Rakyat Menuju Perubahan
ALJUM | 25 Agustus 2022 | Dibaca 793 kali | DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Bupati, Thariq Modanggu usai melaksanakan kuliah subuh di masjid kec. Atinggola, beberapa waktu lalu.



Program Motabi Kambungu merupakan ide, gagasan dan inovasi Thariq Modanggu, S.Ag.,M.Pd.I setelah dilantik menjadi Bupati Gorontalo Utara pada tanggal 27 Juni 2022. Disisa periode pemerintahan selama kurang lebih 1,5 tahun, Thariq Modanggu  akan mengejar kemajuan dengan membuat program penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan dan kemasyarakatan yang langsung berdampak besar pada kemajuan masyarakat Gorontalo Utara. 

Motabi Kambungu dalam bahasa Gorontalo memiliki arti rindu atau mengingat kampung/desa. Dengan demikian secara umum Motabi Kambungu yang akan dilaksanakan di seluruh kecamatan se – Kabupaten Gorontalo Utara memiliki arti yang luas yaitu membangun desa secara gotong royong yang dimotori oleh pemerintah daerah bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Latar belakang dicetuskan Program Motabi Kambungu di dasarkan atas banyaknya ketimpangan pelayanan masyarakat yang belum merata umumnya yang tinggal di pedesaan. Padahal secara umum mayoritas penduduk kabupaten Gorontalo Utara tinggal dipedesaan yang sangat membutuhkan pelayanan. 

Dengan program Motabi Kambungu ini,  dapat mengolah energi  yang dimiliki oleh masing-masing desa untuk menjadikan kekuatan besar dalam membangun SDM,  perekonomian, membangun kearifan lokal guna membangun seluruh potensi menuju perubahan. Ini buktikan dengan program motabi kambungu edisi ke pertama di Kecamatan Tolinggula tanggal 13 – 14 Juli 2022 dan edisi ke – 2 di Kecamatan Atinggola pada tanggal 2 – 3 Agustus 2022. Kegiatan motabi Kambungu di dua kecamatan ini, masyarakat mendapatkan pelayanan secara gratis oleh seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara masing-masing, pelayanan administrasi kependudukan (KTP, KK dll), pelayanan jaminan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Hewan/ternak, pelayanan perijinan, pelayanan KB, pelayanan santunan duka, pelayanan administrasi kependudukan, Pelayanan Mobile Suket Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN), penataan administrasi desa, rakor kemiskinan, kuliah subuh, olahraga bersama, rakor stunting, bimtek, pendataan, penyuluhan dan pendampingan serta berbagai kegiatan pelayanan lainnya.

Pertanyaannya apakah program Motabi Kambungu dengan Cara Baru Melayani Masyarakat di dua kecamatan masing-masing kecamatan Tolinggula dan Kecamatan Atinggola mampu memberikan pelayanan dan perubahan?. Berbagai ucapan rasa syukur disampaikan oleh masyarakat atas pelayanan yang langsung dilaksanakan di pusat kecamatan dan desa. Selama ini pelayanan dipusatkan perkantoran bupati Gorontalo Utara saja, sehingga masyarakat mengeluarkan biaya yang besar dan menyita waktu yang lebih lama.  

Dengan berbagai komentar langsung masyarakat bahwa pelayanan langsung di desa dan kecamatan akan mengurangi biaya yang dikeluarkan. Contohya untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi masyarakat Kecamatan Tolinggula membutuhkan biaya transportasi kurang lebih Rp. 150.000 dan waktu pengurusan kurang lebih 2 hari. Akan tetapi dengan program motabi kambungu, masyarakat tidak mengeluarkan biaya dan waktu yang dibutuhkan hanya beberapa menit. Begitu juga dengan kegiatan dan pelayanan oleh seluruh OPD langsung dirasakan oleh masyarakat dengan mudah. 

Program Motabi Kambungu yang nanti akan dilaksanakan diseluruh kecamatan ini juga tidak memberikan beban kepada masyarakat, pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan. Justru keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM. Karena seluruh akomodasi pada pelaksanaan kegiatan Motabi Kambungu di peroleh dari pelaku usaha di desa dan kecamatan.  Tentunya, untuk lebih maksimalnya kegiatan Motabi Kambungu yang sudah dilaksanakan di dua kecamatan  selalu disiapkan  laporan oleh seluruh OPD dan di evaluasi oleh panitia dan Bupati Gorontalo Utara.

Gorontalo Utara harus lebih maju. Oleh karena itu disisa kepemimpinan Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, S.Ag.M.Pd.I akan memberikan dampak yang lebih besar dalam peningkatan perekonomian masyarakat, peningkatan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Gorontalo Utara….

Oleh : ALJUM (DINAS KOMINFO KAB. GORONTALO UTARA) 

BAGIKAN :